Sabtu, 28 Maret 2015

5 Agen Pemain Sepak Bola Terbaik Eropa

5 Agen Pemain Sepak Bola Terbaik Eropa Bagian 1 dalam Urusan Transfer Pemain Ke Klub-Klub Besar di Dunia. Kemampuan negosiasi seorang agen sepakbola merupakan salah satu faktor di balik kesuksesan seorang pesepakbola. 

Penasaran 5 Agent Transfer Pemain Sepak Bola Terbaik Eropa Bagian 2

Selain para pemain, manajer dan presiden klub adalah unsur yang paling penting dalam sebuah tim. Tapi ketika sampai pada waktunya jendela transfer, para agen adalah faktor kunci. Transfer besar yang baru saja terjadi adalah kepindahan bintang muda Brazil, Neymar, dari Santos ke Barcelona.

Transaksi yang melibatkan uang sebesar 57 juta Euro ini bisa jadi adalah keberhasilan untuk Barcelona karena bisa merekrut seorang bintang masa depan berumur 21 tahun. Bisa juga keberhasilan untuk ayah Neymar yang menurut kabar menikmati uang senilai 40 juta Euro atas jasa membujuk sang putra agar sudi pindah ke Catalan.

Belakangan, bocornya bukti transfer Neymar tak sebesar kabar yang beredar. Hal ini justru makin menguatkan betapa kelihaian Wagner Riberio --sang agen-- bisa menjadi variabel utama sukses tidaknya sebuah transfer termasuk deal besaran harga. Riberio banyak menangani pemain bintang Tim Samba seperti; Kaka, Robinho, dan Lucas Moura. Semua orang tentu sudah mafhum bagaimana cerita transfer ketiga pemain tersebut.

Seenak itukah kehidupan sebagai agen pemain. "Mereka meneriaki saya macam-macam (berbagai sumpah serapah)," kenang Ribeiro ketika sedang menonton pertandingan Santos di Morumbi seperti ditulis FourFourTwo. Dirinya juga mengaku mendapatkan ancaman pembunuhan.

Agen pemain akan sibuk menjelang berakhirnya musim kompetisi, banyak klub yang mendekati agen yang memiliki klien pemain-pemain hebat. Berikut ini adalah 5 agen pemain dari Eropa yang sukses dalam 'mengurus' kliennya.

10. Jorge Mendez

Di Eropa, nama Jorge Mendez dikenal sebagai seorang agen yang paling sukses. Saking suksesnya, Mendez pun diberi gelar sebagai 'Raja dari Agen Sepakbola'. Kesusksesan Mendez dibuktikannya setelah dirinya berhasil memonopli pergerakan negosiasi pemain di sepakbola Portugal. Beberapa tahun kemudian, Nama Mendez semakin gencar terdengar setelah menjadi agen pemain dari James Rodriguez, Joao Moutinho, Radamel Falcao, bahkan Jose Mourinho.



Namun, kesuksesan Mendez adalah ketika dirinya bekerja sama dengan Cristiano Ronaldo, kala Ronaldo hijrah dari Manchester United ke Real Madrid. Kesuksesan terbaru Mendez adalah mendatangkan Falcao dari Atletico Madrid ke klub pendatang baru Ligue 1, AS Monaco.

9. Paul Stretford

Stretford mulai terkenal setelah dirinya menjadi agen dari megabintang Manchester United Wayne Rooney. Stretford berhasil 'mengurus' Rooney, ketika penyerang MU itu masih berusia 16 tahun. Selain Rooney, Stretford juga mengurus negosiasi dua pelatih terkenal, Harry Redknapp dan Roberto Mancini.



Stretford kini tengah sibuk mengurus masa depan Rooney, yang mulai tidak jelas bersama MU sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson dari kursi manajer MU di akhir musim kompetisi Liga Premier 2012-2013.

8. Pere Guardiola

Nama Pere Guardiola sudah tentu mengingatkan kita kepada mantan pelatih Barcelona, Josep Guardiola. Kesamaan nama itu bukanlah ketidaksengajaan, namun Pere Guardiola adalah saudara Josep Guardiola. Akan tetapi, berbeda dengan Pep, sapaan untuk Josep Guardiola, yang kini disibukkan dengan urusan pelatihan klub barunya Bayern Muenchen, Pere meniti kariernya sebagai seorang agen pemain.



Pere tengah disibukkan dengan berlangsungnya bursa transfer musim panas. Pere merupakan pemain dari penyerang Liverpool yang saat ini diisukan akan segera hengkang, Luis Suarez.

7. Jonathan Barnett

Jonathan Barnett bukanlah agen pemain sembarangan. Di Inggris, Barnett merupakan agen dari beberapa pemain hebat dari sejumlah klub besar Liga Premier. Buktinya, negosiasi Ashley Cole, Gareth Bale, Joe Hart, Wojiech Szczesny Rafael dan Fabio da Silva, serta Darent Bent, berada di tangan Barnett.



Memasuki bursa transfer musim panas tahun ini, Barnett tengah sibuk untuk mengurus negosiasi Bale, yang saat ini tengah menjadi icaran Real Madrid.

6. Mino Raiola

Mino Raiola bisa dikatakan adalah orang yang berada di balik kesuksesan Zlatan Ibrahimovic. Di tangan Raiola, karier Ibrahimovic berhasil melanglang buana hampir ke seantero Eropa. Selain Ibrahimovic, klien Raiola adalah bintang Shaktar Donetsk, Henrikh Mkhitaryan yang sedang menjadi target Liverpool dan Inter Milan.



Raiola pun memiliki beberapa klien penting lainnya, seperti striker bengal asal Italia, Mario Balotelli dan Edinson Cavani yang sedang diincar Real Madrid.

  1 komentar:

Popular Posts

Blog Archive